Selasa, 04 Januari 2011

Bagaimana Menjadi Blogger Percaya Diri

Salah satu kendala yang dirasakan blogger pemula adalah kurang percaya diri. Gejala-gejalanya bisa berupa selalu menyebut dirinya pemula (newbie), menganggap orang lain lebih hebat daripada dirinya, malu mengungkapkan ide atau opini, dan sebagainya. Rasa kurang percaya diri ini memang wajar bagi pemula, namun kurang wajar kalau terus terkungkung dalam kondisi tersebut. Lalu, bagaimana caranya menjadi blogger percaya diri? 
Ada banyak teori dan cara, namun dalam postingan ini saya akan berbagi tiga cara yang membantu saya membangkitkan percaya diri. Saya yakin ketiga cara ini bisa Anda adaptasi dan terapkan. Ketiga cara tersebut adalah:
1. Tetapkan target ngeblog
Tetapkan target ngeblog yang selaras dengan tujuan ngeblog Anda. Jangan buat target yang rendah dan sangat mudah dicapai. Buatlah target yang tinggi yang bisa melambungkan rasa percaya diri Anda jika bisa mencapainya. Tulis target tersebut secara spesifik dan tentukan tenggat waktunya.
Sebagai contoh, target yang bisa Anda tetapkan:
  • Menghasilkan US $ 1.000 dari Google Adsense mulai Juli 2011
  • Mencapai 1.000 pelanggan RSS pada Desember 2011.
  • Menulis 300 postingan dalam tiga bulan ke depan.
2. Lakukan satu langkah kecil
Target hanyalah sebuah “pajangan” bila tidak diiringi dengan langkah-langkah. Karena mencapai target besar perlu waktu dan energi, maka lakukanlah satu langkah kecil. Misalnya, jika Anda menetapkan target ingin memperoleh penghasilan US $ 1.000 per bulan dari Google Adsense, maka mulailah dengan meningkatkan kemampuan SEO Anda atau memperbanyak jumlah tulisan di blog Anda.
Kegagalan mungkin saja akan muncul dalam langkah-langkah kecil yang Anda lakukan, namun jika Anda terbiasa membenahinya, maka halangan apa pun akan bisa Anda atasi.
3. Cari mentor atau panutan
Tidak bisa dipungkiri, mentor atau panutan sangat penting untuk meningkatkan percaya diri. Hal ini terutama berkaitan dengan efektivitas dan efisiensi waktu dan energi Anda. Oleh karena itu, carilah mentor atau panutan yang bisa membantu Anda dalam mencapai target.
Mintalah saran dari dia, berlangganan RSS blognya, beli ebook yang dijualnya, atau ikutilah training online yang diselenggarakannya. Dengan demikian, pengalaman dan nilai-nilai positif dari mentor atau panutan tersebut akan membuat Anda lebih maju.
Sebagai contoh, salah satu blogger panutan saya adalah Daniel Scocco. Maka, saya pun berlangganan RSS blognya dan menjadi peserta pelatihan online yang diselenggarakannya (onlineprofits.com). Pengalaman dan materi training Daniel memberikan dan menambah wawasan bagi saya sehingga membangkitkan percaya diri dalam mencapai target.
Semoga ketiga tips di atas membantu Anda menjadi blogger percaya diri.
#Sumber:http://www.blogodolar.com/bagaimana-menjadi-blogger-percaya-diri/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar